• home

Cara mudah mengganti nama file dan folder secara keseluruhan

ada Tuturial ini kita akan membahas cara mengganti nama/rename  beberapa file atau folder sekaligus dengan format penamaan yang kita inginkan. Kita dapat mengganti nama folder, foto atapun file dengan tipe file apa saja secara keseluruhan dengan format tertentu. Software yang kita gunakan yaitu Bulk Rename Utility, software berukuran kecil sekitar 700-an KB, tanpa perlu di install(portable). Tampilan aplikasi dan cara penggunaanya seperti gambar dibawah;disebelah kiri merupakan direktori folder penyimpanan gambar,  disebelah kanan ada kolom Name(nama original file), New Name(Nama File yang baru, format penemaan file yg nantinya akan terbentuk), type, size,created, dan lainnya.

Pada contoh ini saya mempunyai Folder dengan nama Foto Keluarga dan dalam folder tersebut terdapat banyak file foto dengan format nama numeric/angka berurut. cara mengganti nama filenya secaar keseluruhan seperti berikut:


  1. Pilih file yang ingin diganti namanya(Ctrl + A)
  2. Pada checklist RegEx , baris Match isikan nama keseragaman pada semua file, contoh disini saya gunakan Foto.
  3. Pada Checklist Numbering, pilih mode Prefix maksutnya nomornya nanti  berurut di depan nama file. Start : 1, artinya mana file kita nantinya dimulai dari 1, Pada bagian separator isikan pemisah antara nama file dengan nomor yang kita buat.
  4. Hasil penamaan file yang baru akan terlihat pada kolom New Name, jika sudah sesuai dengan keinginan anda Klik Tombol Rename untuk proses mengganti nama file secara keseluruhan.

Kita juga dapat mengubah nama file dengan menambahakan nama folder di masing masing file, contohnya seperti gambar dibawah; yang kita gunakan menu checklist Append Folder Name, Prefix untuk menambahkan nama di depan nama file, opsi yang lain juga kita bisa gunakan untuk menambah nama di belakang file( Suffix). isikan separator atau pemisah nama file tyang ditambahkan dengan nama file original. Hasil format penamaan file dapat dilihat pada kolom New Name. klik Rename untuk melakukan proses merubah nama file.


Pada contoh yang lain berikut ini, kita dapat juga merubah nama file berdasarkan tanggal modifikasi, untuk lebih jelasnya silakan coba langsung seperti gambar dibawah.

yah..demikianlah tutorial singkatnya, semoga bermanfaat.
Sumber : http://www.robertokaban.com/2012/10/rename-file-dan-folder-cara-mudah.html

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

3 komentar:

  1. kalau mau hilangin nama file yang lebih dari 3 file gimana cara.y Gan???

    Mohon di jawab


    Parded.

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya gan atas pengetahuanya,,,,,
    salam kena,,,,,,
    jangan lupa followbacknya,,,,,

    BalasHapus
  3. makasih infonya gan :)


    Mudahnya Isi Pulsa Menggunakan Aplikasi Android , Gak Ribet + Gak Capek Tinggal Pilih Klik Bayar.Selain Pulsa Juga Bisa Untuk Bayar BPJS dan PPOB Lainnya , Buruan Download Sekarang GRATIS di Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    BalasHapus