• home

Mari Bermain dengan Logika :D

Menurut ahli nuzum zaman baholak :D..wueeeaakk.., bahwa untuk mengetahui seseorang itu punya otak atau otaknya berada di tempatnya ternyata sangat mudah sekali, caranya yaitu coba pukul lututnya pake bambu, akan mengalami keseleo atau geger otak. klo keseleo ya gpp, tapi klo geger otak ya...itu dia....otaknya di dengkul..hehe..bcanda coi....nah sekarang untuk mengetahui logika kita jalan atau tidak dalam memecahkan suatu masalah nggak ada salahnya mencoba menjawab contoh soal dibawah. ini bukan bermaksut mengerjai teman2 tapi hanya sekedar berlatih logika atau penalaran, klo ga bisa jawabnya bukan berarti anda oon atau otaknya ga nalar yah besukurlah..paling nggak anda ganteng ato cantik ;) klo bisa jawabnya juga bukan berarti anda berbakat jadi gila..hehe.. :D yah anggap sekedar iseng iseng,  biarpun iseng2 kayaknya saya lumayan..abis 4 batang rokok juga mendaptkan jawabannya ;(....tapi tenang...udah terpecahkan semua kok,..nanti kita posting  ya...selamat mencoba...

1. Ada tiga sekawan Adi, Badu dan Cepi yang suka makan di restoran. Anak-anak itu dapat memesan sate atau soto.
a. Bila Adi pesan sate, Badu pesan soto.
b. Salah satu dari Adi dan Cepi memesan sate.
c. Badu dan Cepi keduanya tidak memesan soto.
Apakah yang mereka pesan ?

2. Audri ,Yul dan Ade masing-masing mempunyai hubungan darah tetapi tidak ada yang kawin incest.
a. Diantara ketiga orang itu terdapat ayah dari Audri, anak wanita Yul dan saudara  Ade.
b. Saudara Ade bukan ayah Audri atau anak gadis Yul.
Bagaimana hubungan antara Audri, Yul dan Ade ?

3.  Ade  mengatakan, di RS  ini terdapat 16 dokter dan termasuk saya. Fakta tentang RS ini berlaku untuk  staff RS, baik menghitung saya atau tidak.
a. Lebih banyak perawat dari dokter
b. Lebih banyak dokter pria daripada perawat pria
c. Lebih banyak perawat pria daripada perawat wanita d. Paling kurang ada satu dokter wanita
Berapa banyak perawat pria, perawat wanita, dokter pria dan dakter wanita? serta siapakah Ade ?

4. Ada 4 orang, 2 wanita Anita dan Cantik dan 2 pria Badu dan Didi. Keempatnya penggemar olahraga. Salah seorang perenang, yang lain pelari,  pesenam  dan  petenis.  pada  suatu  hari  mereka  bertemu  di restoran, dan duduk di meja persegi empat.
a. Perenang duduk di sebelah kiri Anita.
b. Pesenam duduk bersebrangan dengan Badu. c. Cantik dan Didi duduk berdekatan
d. Salah seorang wanita duduk di sebelah kiri pelari.
Siapakah petenis ?

5. Pada  suatu  hari  Chandra terbunuh, di rumah itu ada  Anis dan Berti.
Menurut  pemeriksaan,  Chandra  mati  oleh  racun.  Dari  pemeriksaan polisi  Anis mengemukakan bila telah terjadi pembunuhan pasti Berti yang melakukannya. Menurut Berti, bila Chandra tidak bunuh diri pasti dibunuh Menurut polisi ada 2 kemungkinan :
1. Bila Anis dan Berti tidak berbohong , maka terjadi kecelakaan.
2.   Bila     Anis     atau   Berti   berbohong,   maka   kematian   BUKAN
kecelakaan   (di bunuh atau bunuh diri). Ternyata asumsi polisi itu salah satu benar.
Apakah  penyebab  kematian  Chandra  ?  Dibunuh,  bunuh  diri  atau kecelakaan ?

6. Ali dan Tini adalah pengunjung suatu Fitness Centre, Ali mulai menjadi anggota pada Senin pertama di bulan Januari, dan pergi ke tempat itu setiap  lima  hari.  Tini  mulai  menjadi  anggota  pada  Selasa  pertama bulan Januari. Dia pergi ke tempat itu setiap empat hari. Suatu  hari  Ali  bertemu  Tini  dibulan  Januari  itu,  dia  hanya  bertemu sekali di bulan Januari.
Pada tanggal berapa mereka bertemu ?

7. Bismar mempunyai istri Nancy dan anaknya Siti. Siti mempunyai suami Tom dan anak Budi.
a. Dari kelima orang itu satu adalah Dokter dan satu lagi orang sakit. b. Anak dokter dan orang tua orang sakit, sama jenis kelaminnya.
c. Orang sakit bukan keturunan dokter.
d. Keturunan dokter bukan orang tua orang sakit. Siapakah dokter dan siapa orang sakit  ?

8. Ada  tiga orang  dokter, Dr. Bob, Dr. Will dan Dr. Sun bekerja pada suatu RS. Jiwa mereka mengatur jadwal jaga malam sebagai berikut
a. Tidak ada dokter yang boleh berjaga tiga malam berurutan.
b. Tidak     boleh  off  dua  orang  dalam     hari     bersamaan     kecuali satu   hari   dalam  seminggu.
c. Dr.Bob tidak bisa  jaga pada hari minggu selasa dan kamis.
d. Dr.Will tidak bisa jaga pada hari kamis dan sabtu. e. Dr.Sun tidak bisa jaga pada hari minggu.
f. Seminggu sekali harus ada waktu dimana mereka bertiga jaga.
Pada hari apa mereka berjaga bersamaan ?

9. Ali, Badu dan Chitra tinggal pada suatu apartemen yang bersamaan dan lantai yang bersamaan. Seseorang dari mereka tinggal di tengah.
1. Setiap orang hanya punya satu binatang piaraan. Apakah anjing atau kucing, setiap orang hanya minum teh atau kopi, dan setiap orang hanya merokok kretek atau sigaret.
2. Ali tinggal disebelah perokok sigaret.
3. Badu tinggal di sebelah pemilik anjing.
4. Chitra tinggal di sebelah peminum teh.
5. Tak ada perokok kretek yang suka teh.
6. Paling kurang satu pemilik anjing adalah perokok kretek.
7. Paling kurang satu peminum kopi tinggal di sebelah pemilik anjing.
8. Tak ada seorang   pun  yang mempunyai kegemaran sama misalnya perokok  kretek, pemilik, anjing dan peminum teh. Siapakah yang tinggal di apartemen itu yang tinggal di tengah ?

10. Kirfi akan menikah, dan ada lima calon, yaitu Ado, Berti, Cica, Dati dan Ema.
a. Status  : 3 janda dan 2 gadis.
b. Profesi : 3 pramugari dan 2 guru.
c. Ado dan Cica mempunyai persamaan status. 

d. Dati dan Ema salah seorang berstatus janda. 
e. Berti dan Ema mempunyai profesi sama.
f. Cica dan Dati salah seorang adalah pramugari.
Ternyata Kirfi akan menikah dengan guru yang masih gadis.
Siapakah yang dipilih oleh Kirfi,  dan apakah status dan profesi wanita tersebut ?
 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

3 komentar:

  1. wow lumayan buat kepala pusing..but, thanks sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. bisa minta pembahasanya gk min ? hehhe

    BalasHapus
  3. wakhhh bikin pusinggg sobbb he. . !!!

    BalasHapus