• home

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Di depan Komputer. Dalam kehidupan modern kebanyakan dari kita berhadapan dengan komputer setiap hari, apa lagi jika anda seperti saya yang setiap hari menatap komputer dari pagi hingga malam dari senin hingga senin lagi. Sebagai salah satu organ terpenting dalam interaksi kita dengan komputer mata harus lah kita jaga, berikut ini saya berikan tips menjaga kesehatan mata saat menggunakan komputer.

Refresh rate monitor


Tips ini berguna bagi anda yang masih menggunakan monitor CRT, pada monitor jenis ini refresh rate yang rendah menyebabkan mata kita mudah lelah.

Untuk mengubah refresh rate monitor anda pada windows xp, klik kanan pada layar desktop lalu pilih properties. Kemudian buka tab setting lalu klik pada tombol advanced. Selanjutnya buka tab monitor disana anda dapat memilih refresh rate yang ingin anda gunakan.
Sedangkan untuk mengubah refresh rate monitor anda pada Windows vista dan Windows 7, klik kanan pada layar desktop lalu pilih Screen Resolution Kemudian klik pada advanced setting. Selanjutnya buka tab monitor disana anda dapat memilih refresh rate yang didukung oleh monitor anda.

Gunakanlah refresh rate yang tertinggi yang dimungkinkan oleh monitor anda. Anda bisa gunakan 75 Hertz sebagai minimum refresh rate sedangkan saya sendiri menggunakan 85 Hz pada monior CRT saya. Jika saat anda tekan ok kemudian layar anda tidak menampilkan tampilan yang baik jangan takut itu berarti bahwa monitor anda tidak mampu menggunakan setting yang anda berikan, tekan saja tombol escape yang berada di sudut kiri atas keyboard anda dan otomatis setting akan kembali ke setting sebelumnya silahkan coba kembali dengan setting refresh rate yang lebih rendah.


Istirahatkan mata anda sesering mungkin dan melihat objek yang jauh.


Tips selanjutnya untuk menjaga agar mata anda tidak cepat lelah adalah dengan mengistirahatkan mata anda dalam frekuensi tertentu. Istirahat tidak harus lama tapi sebaiknya sering, contohnya setiap 15 menit anda memalingkan pandangan anda dari layar monitor selama 30 detik. Saat mengistirahatkan mata anda pandangilah objek yang jaraknya agak jauh dari anda, bisa beberapa meter atau jika anda menggunakan komputer di dalam ruangan sempit usahakan untuk sesekali keluar dan melihat pemandangan yang lain.


Ingat Berkedip, inga inga ting


Seperti yang dikatakan oleh salah satu iklan tv produk obat tetes mata, memandang layar monitor terus menerus dapat mengurangi frekuensi anda mengedipkan mata yang menyebabkan mata anda kering, jadi ingatkan diri anda untuk mengedipkan mata. Tapi jangan terlalu sering juga ya terutama jika anda wanita, bisa-bisa anda dikira mau menggoda orang.


Minum Air Putih


Yah tips yang satu ini berlaku tidak hanya untuk mata namun juga semua organ tubuh kita. Seperti yang telah kita ketahui bersama, 80 persen tubuh manusia terdiri dari air yang berarti air merupakan komponen yang sangat penting bagi tubuh kita, apa lagi untuk organ yang harus tetap basa seperti mata. Tapi bukan berarti anda perlu membasahi mata anda langsung dengan air, jangan – jangan itu berbahaya karena bisa jadi kuman dan bakteri yang langsung menyerang mata anda yang sensitif. Jadi ingat airnya di minum ya.


Pencahayaan


Usahakan anda menggunakan komputer di ruangan dengan pencahayaan yang baik. Pencahayaan yang terlalu terang atau pun terlalu redup dapat merusak mata anda jadi usahakan anda mendapat pencahayaan yang baik saat menggunakan komputer.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

1 komentar:

  1. informasi ini cocok banget dengan pekerjaanku yang setiap harinya selalu bertatap muka dengan monitor..makasih atas tips nya...

    BalasHapus