• home

Membuat Spanning/memecah file menjadi beberapa bagian dengan TUGZip

Apakah teman teman pernah memiliki masalah dalam mengirimkan file melalui email yang berukuran besar? contohnya kita ingin mengirimkan sebuah file yg kira kira berukuran 50an MB melalui email, nah kebetulan penyedia service email kita membatasi total masimum attach file 20an MB, nah..bagaimana solusinya untuk mengirimkan file tersebut?...sebenarnya sagat sederhana dan sangat banyak software yg di internet yg dapat memecah file tersebut menjadi beberapa bagian, seperti HJ Split, tetapi disini kita akan membahas memecah file menggunakanTUGZip. 

TUGZip merupakan sejenis software untuk mengkompress file layaknya Winzip, Winrar, dan 7Zip. Kelebihan software ini karena tampilan dan desainnya sangat sederhana dan bersahabat dan tentu saja dapat mengkompress dan ekstrak file dari dan ke berbagai tipe file compress. Softwarenya juga gratis dan dapat di download di http://www.tugzip.com/Downloads.html. Ok, sekarang lanjut ke permasalahan kita tadi,..Berikut langkah langkah yg kita lakukan untuk memecah file tersebut menjadi beberapa bagian :
Klik kanan pada file yg ingin di pecah menjadi beberapa bagian, kemudian pilih Add to
  • Kemudian akan ditampilkan jendela baru seperti gambar dibawah, pada Tab Option, pilih Spanning mode : Spanning dan tentukan besar file span yang ingin dibuat, pada contoh gambar dibawah saya gunakan 10 MB. Jika sudah selesai klik OK.

  • Jika sudah selesai, maka hasilnya akan tercipta 5 file baru yg berekstension .z01 sampai .z05 dan satu file induknya yang berekstension .zip

  •  Nah, bagaimana, mudah kan? jadi walaupun service email kita hanya memperbolehkan mengirim file berukuran 20an MB kita masih dapat mengirim file yg lebih besar dari kapasitas tersebut dengan cara memecah file tersebut menjadi beberapa bagian dan kita dapat mengirimkanya menggunakan email secara berulang. Untuk membuka/menyatukan kembali filenya hanya tinggal  tempatkan semua filenya dalam satu folder, kemudian ekstrak file induknya atau yg berekstensi .zip, seperti contoh gambar dibawah.
Kelebihan kita memecah file dengan cara seperti ini  dibandingkan dengan software yg khusus splitter seperti HJ Split adalah kita tidak perlu memiliki software tambahan untuk menyatukannya kembali, karena filenya dapat disatukan kembali dengan software seperti Winzip, Winrar, 7zip. ok deh..selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

1 komentar:

  1. Ini untuk XP ya sob :( yahhh... coba 7 .... di 7 gak ada Add to.. nya sob

    BalasHapus