• home

Kumpulan web server dan server tools untuk windows

Disaat belajar membuat website ataupun bagi seorang web programmer terkadang kita ingin mencoba berbagai webserver karena rasa ingin mencoba ataupun mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing webserver tersebut. 

Webserver windows yg standard biasanya disertai Apache, Mysql dan PHP. Perbedaan yg paling mendasar pada webserver biasanya dalam hal content tambahan untuk mempermudah pengguna, support jenis bahasa pemrograman serta aplikasi pendukung yg disertakan dalam Webserver tersebut. Berikut ini beberapa web server yg dapat di install pada sistem operasi Windows.

Apache web server merupakan web server terhandal dan paling banyak digunakan.
Merupakan web server yg biasanya digunakan untuk aplikasi yg berbasis java servlet dan Java server pages (Jsp)

Ini merupakan web server yg pertama kali saya Install dan gunakan :D , sudah di sertakan dengan Apache, Mysql, PHP, webmail server, tools Ftp Client serta dengan tampilan Mysql yg control panel/PhpMyadmin.Webserver ini juga support dengan Asp, Pearl,Ssl dan berbagai tambahan lainnya.
Sangat sederhana, mudah penggunaanya tetapi tools dan aplikasi yg disertakan tidak selengkap Apache2triad
Windows Apache Mysql dan PHP5, kelebihannya semua konfigurasi pada host, httpd config, dorektori web server, ftp config sudah dibuat menu tersendiri. Jadi kita menjadi mudah untuk menggunakan dan konfigurasinya karena tinggal klik dan klik :D.
Sangat mudah digunakan walaupun semua fitur dan konfigurasinya tidak selengkap Wampp.
Merupakan webserver paling sederhana karena tidak perlu instalasi/portable dan dapat disimpan di Flashdisk. Webserver ini juga sudah terinclude Apache, Mysql dan PHP.
Merupakan Webserver yg sudah disertakan dengan Ruby, Apache, PHP, MySql dan tinggal menggunakannya karena sudah di konfigurasi. Penggunaanya juga sangat mudah.
Merupakan Web server yg berukuran kecil yg dapat berjalan pada windows tetapi sudah terinclude Apache, MySql dan PHP. Webserver ini dapat berjalan di Flashdisk dan biasanya digunakan web programmer untuk menguji dan demo aplikasi.
Webserver yg  juga sudah langsung dikonfigurasi standar sebagai web server. Jadi setelah selesai melakukan instalasi kita hanya tinggal menggunakan lagi tanpa perlu konfigurasi dan memiliki security yang baik. Biasanya webserver ini bersahabat dengan ASP.NET serta didalamnya sudah terdapat berbagai Content management System(CMS).
Merupakan FTP client favorit saya karena ukurannya kecil, penggunaanya jg mudah.
Merupakan FTP Client server seperti halnya FilleZilla, Perbedaanya hanya pada sistem encrypt file yg download dan upload.

Dari sekian banyak Webserver diatas saya suka dengan XAMPP dan WAMPP serta FilleZilla sebagai FTP tools karena penggunaan yg mudah sangat sederhana :D. Ok, Jika ada tambahan lain dari teman2 silakan isikan di forn komentar ya..selamat mencoba dan semoga bermanfat

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar