• home

Mengenal Virtual memori pada Windows Xp


Salah satu penyebab lambatnya kinerja komputer saat menjalankan beberapa aplikasi/program secara bersamaan (multiple task) di komputer adalah karena keterbatasan kapasitas RAM (random acces memory) pada komputer. Untuk mengatasi hal ini, apabila Anda mempunyai dana yang cukup, maka penambahan kapasitas RAM bisa menjadi solusi utama. Namun jika dana yang tersedia belum cukup, maka penggunaan virtual memory mungkin bisa menjadi solusinya.

Virtual memory adalah suatu mekanisme pada komputer yang menggunakan ruang harddisk untuk seolah-olah (virtual) berfungsi sebagai memory. Ruang pada harddisk yang dipakai sebagai virtual memory ini disebut dengan page file (swap file). Jika kapasitas RAM sudah penuh oleh data-data dari aplikasi/program yang sedang berjalan di komputer maka data2x tersebut akan disimpan sementara pada page file.
Data proses yang berada di page file ini sewaktu-waktu dapat dipindahkan dan diproses kembali di RAM apabila aplikasi/program yang bersangkutan membutuhkannya. Dengan cara ini, kerja RAM bisa menjadi lebih ringan sehingga komputer bisa bekerja lebih cepat. adalah suatu mekanisme pada komputer yang menggunakan ruang harddisk untuk seolah-olah (virtual) berfungsi sebagai memory.

Bila Virtual Memori Anda Low atau harddisk Anda penuh, Anda bisa memanfaatkan drive lain sebagai memori virtual. Langkah2x-nya adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan My Computer dan pilih Properties pada menu
  2. Klik tab Advance dan klik tombol Settings di bawah Performance
  3. Pilih tab Advance pada jendela Performance Option, lalu klik Change pada Virtual Memory
  4. Tentukan drive mana yang Anda ingin gunakan.
  5. Anda bisa tentukan ukurannya atau membiarkan komputer mengatur dengan memilih System Management Sized
  6. Klik tombol Set dan kemudian klik OK

Tips:
Jika Anda ingin mengisi value pada kotak 'Initial size dan Maximum size.
Berikut petunjuknya misalkan RAM anda berkapasitas 256 MB, maka sebaiknya pada kotak initial size isikan sebesar 512 MB atau 2x lipat di kapasitas RAM. Untuk kotak Maksimum size dapat pula di isikan 512 MB atau lebih besar lagi. setelah itu OK dan restart komputer anda.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar