• home

Tips Supaya Laptop/Notebook tahan lama

Bagi Anda yang memiliki Laptop baik itu berupa Notebook ataupun Netbook (UMPC) pasti menginginkan Laptopnya selalu dalam kondisi prima dan awet dipakai bertahun-tahun. Tentu saja jika menginginkan hal ini terjadi pada Laptop Anda, Anda harus melakukan beberapa tips dalam menggunakan Laptop dengan baik dan benar serta melakukan perawatan terhadap Laptop Anda. Dengan demikian, baik hardware maupun software yang terdapat di dalamnya selalu berfungsi dengan baik dan pemakaiannya optimal. Berikut ini beberapa tipsnya :
  • Tempatkan Laptop pada tempat yang rata dan datar agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Laptop tidak tertutup. Pastikan Notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusak Harddisk, Optical Drive, socket-socket serta komponen mekanik lainnya.
  • Tambahkan pelindung layar (screen protector) agar layar tidak mudah tergores, pelindung keyboard (keyboard protector) agar keyboard tidak kemasukan debu/cairan yang mengakibatkan kerusakan pada tuts keyboardnya dan gunakan cooling pad bila Laptop akan digunakan dalam waktu yang lama, agar sirkulasi udara dalam Laptop terjaga
  • Pastikan dengan teliti mengecek stop kontak adaptor apakah sudah tertanam dengan baik dan stabil. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung. Kemungkinan terburuk setiap percikan oleh battery dianggap 1 cycle charging (Baterai Lithium +/- 1000 x charging). Pengalaman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur baterai menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja baterai sudah rusak.
  • Perhatikan indikator baterai sebelum mengisi (men-charge) Laptop Anda. Bila menunjukkan kapasitas baterai <80%, sebaiknya baterai dihabiskan dulu, baru kemudian di-charge. Bila menunjukkan >80%, Anda dapat bekerja bersamaan dengan adaptor terpasang pada Notebook dan tidak perlu khawatir terjadi overcharge, karena Notebook terbaru telah dilengkapi proteksi overcharge. Mengapa demikian? Baterry Lithium pada kondisi normal mampu diisi dan dipakai +/- 1000 cycle dan pada kondisi >85% bila diisi kembali battery belum menganggap 1 cycle charge, akan tetapi kalau kondisi <80% dianggap sebagai 1 cycle charge dan recharge, sehingga umur battery akan berkurang 1 cycle. Apabila Notebook tidak dipakai dalam waktu yang lama (lebih dari 1 minggu), sebaiknya battery dan adaptor di lepas. Pastikan Notebook dalam keadaan benar-benar mati (Shutdown) saat akan disimpan dalam waktu lama.
  • Jangan biasakan menggunakan Notebook dengan adaptor saja dan melepas baterai. Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya battery dilepas karena bisa rusak akibat overcharge. Padahal itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba-tiba dari PLN. Harddisk dalam Laptop bisa rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, file-file data kadang jauh lebih bernilai daripada Laptop itu sendiri. Jadi, selain sebagai penyimpanan daya, baterai juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil dikala adaptor saja tidak cukup mencukupi saat Processor bekerja dengan maksimum.
  • Update antivirus Notebook anda sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya, karena banyak spyware, spam, malware, dan lain-lain. Hindari tukar menukar data dengan sesama pengguna komputer tanpa dicheck dengan antivirus terlebih dahulu, dan gunakan software original (bukan bajakan) agar aman dan nyaman.
  •  Jangan meletakkan Handphone diatas Laptop maupun di atas keyboard Laptop. Lebih baik jauhkan Handphone dari Laptop Anda. Pengalaman membuktikan, Handphone sewaktu ada call atau saat menerima sms, mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Laptop yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di LintasGalaksi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar